Halaman

Rekomendasi Pantai Buat Liburannya Anak Samarinda

Laut Biru dan Pantai Biru. Pulau Beras Basah, Bontang.
Musim liburan sudah tiba. Saatnya kita merencanakan liburan bareng teman atau keluarga terdekat. Iseng-iseng saya pengen mengulas beberapa rekomendasi pantai yang sekiranya dekat dengan Samarinda. Kenapa harus pantai? Pertama, karena saya cinta mati sama laut, kedua karena di Kalimantan Timur ini tidak ada gunung, dan ketiga, karena saya ingin. Titik.

Baiklah, langsung saja, inilah pantai-pantai yang lumayan buat didatangi selama liburan.


1. Pantai Tanjung Harapan, Samboja

Salah Satu Spot di Pantai Tanjung Harapan.
Pantai ini teretak di daerah Samboja. Sekitar 2 jam dari pusat kota Balikpapan dan 3 jam dari Samarinda. Jika mengambil jalur Palaran-Sangasanga-Handil, bisa memangkas waktu hinga 30 menit. Pantai ini menjadi rekomendasi nomer satu karena selain waktu tempuh yang terbilang singkat, tidak banyak biaya yang perlu dikeluarkan untuk bisa bermain bahagia di dalamnya. Cukup membayar retribusi parkir dan tiket masuk, kalian bebas bercengkrama dengan laut dan pantainya. Best point-nya adalah pohon pinus yang menjulang tinggi dan membuat suasana pantai menjadi teduh. Belum lagi soal eksotiknya, pantai ini kerap kali digunakan sebagai lokasi pre-wedding. Sempurna. Namun, hati-hati dengan akar pohon bakaunya ya, karena lumayan tajam untuk telapak kaki telanjang.


2. Pulau Beras Basah, Bontang

Langit dan Air yang Jernih di Pulau Beras Basah
Pulau ini ada di perairan laut Bontang. Sehingga, butuh waktu tambahan untuk mencapainya. Setelah sekitar 3,5 jam perjalanan dari Samarinda ke Bontang, kalian harus menyebrang dari pelabuhan selama kurang lebih 30-45 menit, tergantung kondisi gelombang air laut dan kapal yang digunakan saat itu. Memang butuh biaya tambahan untuk sewa kapal penyebrangannya, namun kalau liburan ramai-ramai biaya segitu sih masih worth it. Kalian bisa mendapatkan view luar biasa, laut yang jernih dan biru, pasir dari pecahan karang yang gak ada di pesisir pantai Balikpapan, dan bonusnya adalah pemandangan terumbu karang yang istimewa. Kalian bisa melihat Clown Fish disana, yang terkenal dengan film-nya “Finding Nemo”. Setidaknya, minimal sekali seumur hidup wajib ke sini secepatnya. Karena adanya abrasi air laut, pulau ini terancam menghilang.


3. Pantai Pangempang, Muara Badak


Suasana di Pantai Pangempang
Nah, jika kalian adalah tipe-tipe pecinta laut tapi masih gak dibolehin mama buat jalan jauh-jauh dari Samarinda. Coba deh ke Pantai Pangempang Muara Badak, atau biasa juga disebut dengan Pantai Mutiara. Hanya dengan 1,5 – 2 jam perjalanan, pantai ini bisa dijelajahi. Meskipun memang tetap harus menyebrang sedikit menggunakan klotok selama 10 menit, tapi it’s okay. Kalian bisa melihat pantai yang strukturnya mirip dengan Manggar. Hanya saja karena pantai ini belum mendapat perhatian lebih dari pemerintah sehingga terlihat sedikit “alami”. Beberapa sampah yang hanyut di laut kadang terlihat berserakan disini. Tapi, sisi baiknya adalah dalam perjalanan menuju penyebrangan kalian akan melewati jalan ulin dengan pohon mangrove di sekelilingnya. Dan itu semacam satu kebanggaan tersendiri.


4. Pantai Kemala, Balikpapan


Suasana Kekeuargaan di Pantai Kemala, Balikpapan.
Bagi yang pengen jalan-jalan ke pantai bersama keluarga. Sepertinya pantai manusiawi ini yang paling tepat untuk di datangi. Pantai ini terletak di pusat kota Balikpapan. Cukup bersih terawat dan menyediakan banyak tempat nongkrong yang asik. Sebut saja sebagai Jimbaran-nya Balikpapan. Pantai ini termasuk aman untuk dijadikan tempat bermain bagi anak-anak. Sehingga, sering terlihat keluarga bahagia yang bercengkrama di sana. Biasanya, pada waktu liburan akan ada wahana Banana Boat. Lumayan kan, untuk merasakan sensasi ditarik ke laut di atas pisang. *lol*


5. Pantai Manggar Balikpapan


Pesona Pantai Manggar, Balikpapan.
Siapa yang tidak kenal dengan pantai legenda ini? Pantai yang selalu menjadi tujuan utama siswa SMA yang ingin study tour. Pantai ini sekarang sudah amat sangat layak buat dikunjungi. Karena pemerintah Balikpapan menaruh besar perhatiannya. Terawat, banyak gazebo untuk beristirahat, dan tentu saja layanan-layanan jasa penyewaan lain seperti ban untuk berenang dan banana boat.
Itulah pilihan destinasi laut yang bisa kalian kunjungi di liburan kali ini. Dan bersyukurlah karena hanya dengan beberapa jam perjalanan, kita warga Samarinda bisa menikmati desiran ombak, sepoi angin laut dan gemerisik pasir putih. Banyak sekali wilayah lain yang butuh perjalanan lama hanya untuk bisa mencium aroma garam dari laut Indonesia.


Tunggu apa lagi? Segera packing, siapkan sunglasses dan sunblock kalian. Jangan lupa Gadget dan Tongsis. Siapa tahu ada kejadian menarik di liburan kali ini. Seperti misalnya, gebetan baru? *haha* Mungkin nantinya saya akan mereview pantai ini satu persatu secara detail. Tapi, ya, itu nanti. Entah kapan. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar