Halaman

Province Obsession : Completed ! Next Target : National !!! :3

ki-ka:M. Zaidanur Risqi (Jr. 3 Desain Grafis Kota SMR) - Saya
Agustian Timothy (Jr. 1 Desain Grafis Kota SMR)

Selama 3 tahun lebih saya menjar di SMK TI Airlangga, dan sudah 4 tahun saya diserahi tugas membimbing siswa/i untuk mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang Animasi. Dan baru tahun ini siswa bimbingan saya masuk ke tingkat Provinsi, setelah menang di tingkat Kota. Siswa bimbingan saya tersebut adalah Agustian Timothy Durand.

Tahun lalu, kami sama-sama kecewa karena sama sekali tidak dapat nomer dalam tingkat kota. Memang kesalahan kecil, namun fatal. Saya kecewa karena tidak bisa menjadi pembimbing yang baik untuknya. Karena saya tau dia punya potensi yang luar biasa untuk itu. Saya hanya bisa membesarkan hatinya untuk kembali menantang LKS tahun ini. 

Dan, dalam waktu satu tahun, dia berkembang amat sangat cepat. Luar biasa kalau saya boleh bilang. Jadi, tentu saja wajar rasanya kalau dia yang harus mewakili Kota Samarinda untuk bersaing dengan kota-kota lain di Kaltim menuju Nasional. Semoga dia dapat menggunakan waktunya dengan efisien, sebab Tyan sedang sibuk mengikuti ujian juga.

Sebagai pembimbing, saya sedikit menyadari bahwa, tugas pembimbing tidak mutlak hanya mengajari. Jujur-jujuran nih, kalau soal teknis, saya rasa Tyan sudah jauh lebih jago. Saya pasti ga bisa ngikutin. Terbukti dengan hasil karya saja nih. Dia punya banyak, saya sama sekali gak ada. haha,, jago kritik doang, :p Jadi, yang saya lakukan hanya menyemangatinya, menjaganya selama training, memahami pola pikirnya. 

Dia tidak pernah ikut TC seperti siswa lain, karena saya tau dia sedang sibuk dengan ujiannya. Saya membiarkannya berlatih dirumah tanpa pengawasan saya. Yup, karena karakter setiap anak berbeda, sebagai pembimbing harus memahaminya. saya punya sedikit nilai plus kalau berurusan dengan menilai orang. Dan saya tau Tyan bisa disiplin dan komitmen dengan apa yang dikatakannya. Oleh karena itu saya memberikan kepercayaan penuh terhadapnya.

Selain itu peran orang tua dalam hal ini juga sangat penting. Dukungan serta peran aktif orang tua dalam membantu tetap berkobarnya semangat anak-anaknya itu berpengaruh paling besar. Siapa yang tidak ingin membanggakan orang tuanya? Sehingga, saat saya dititipi oleh ayah dan ibu Tyan, saya merasa, Tyan pasti anak yg baik dan mau berusaha untuk membanggakan orang tuanya.

Yup, menjadi pengalaman tidak ternilai dalam hidup saya. :) Semoga masih ada Tyan-Tyan berikutnya yang bisa saya bentuk. Saya hanya butuh kemauan dan konsistensi. bakat, teknis, dan hal-hal lainnya bisa dibentuk seiring berjalannya waktu. Tentunya dengan konsistensi dari saya juga. Ah,, semangat Friscaaa !!

Selamat buat Tyan, kita Go Nasional tahun ini, InsyaAllah,, :)

3 komentar: