Laman

#SCCN Nobar Film Linimas(s)a : Penggunaan Internet Sehat,,

     @internetsehat-lah yang akhirnya bisa memicu saya untuk kembali berceloteh ria dalam blog kesayangan ini. Sabtu, 11 Juni 2011, #SCCN (Samarinda Cyber Community Night) yang diselenggarakan oleh SMK TI Airlangga Samarinda, mengadakan acara nonton bareng film dokumenter Linimas(s)a yang di sponsori oleh @internetsehat serta IM3 dan IM2. Film ini berisi tentang pengalaman beberapa tokoh yang menggunakan internet dalam artian "sehat".

     Acara yang berlangsung pada pukul 19.30 WITA ini dipadati oleh kurang lebih sekitar 50-60 orang yang terdiri dari siswa @smkti, guru pengajar, serta beberapa dari komunitas dunia maya yang lain. Film dengan durasi 45 menit ini mampu menyedot perhatian semua penonton, menimbulkan tawa, takjub serta kesan yang luar biasa terhadap perkembangan internet di Indonesia. Dan saya yakin, beberapa diantaranya termotivasi, untuk segera menggalakkan internet sehat. *Termasuk saya sendiri*
     Penonton tak hanya di suguhi tayangan film tersebut, namun juga di sela-sela pemutaran film tersebut, penonton dipersilahkan untuk online berjamaah. Fasilitas prima wifi SMK TI Airlangga membuat semua pengunjung membuka laptop dan mulai berkreasi. Apalagi sang panitia *tunjuk"warga @smkti* menyediakan sebuah layar LCD lain, di samping layar utama, yang menampilkan mention-mention twitter untuk akun @smkti. Pendapat pribadi saya sih,,, yah,, supaya bisa jadi trending topic di twitter malam itu, dan kalau tidak salah dengar juga, memang #sccn dan @smkti sempat menjadi sebuah TT. wow,,
     Dan yang lebih menarik, acara ini bukan hanya sekedar nobar dan nge-twit bersama. Para sponsor menyediakan beberapa hadiah, seperti pulsa IM3, kartu voucher IM2 Broadband, serta 2 buah CD original AntiVirus NORTON untuk pemakaian selama 1 tahun. Semuanya menjadi serba seru, apalagi saat panitia menentukan, sang pemenang door price adalah orang yang ng-mention @smkti terbanyak, serta tweet terkonyol.Dan langsung aja layar khusus menampilkan twitter pun menjadi full akan mention"peserta yang hadir di sana.
     Gelak tawa, canda, serta senda gurau ikut mengiringi jalannya acara. Bisa saya rasakan aura-nya. Ini menjadi sebuah acara yang sangat sayang untuk di lewatkan. Oia,, selain itu, ada satu orang pengunjung special yang datang dari belanda ikut memeriahkan suasana.Walau kebanyakan anak"agak kurang ngerti dengan apa yang dia bicarakan, namun, Mrs. Rita ikut ambil andil dalam menyediakan pertanyaan untuk Door Price,, *dan untung saja ada mr. Adri yg siap menerjemahkan,, :DD*
     Kurang lebih tanggapan para peserta dinilai puas dengan acara tersebut. Banyak yang berkata ga sabar untuk menghadiri acara #sccn selanjutnya, termasuk saya. Dan saya rasa hal itu cukup untuk membuat panitia" di belakang layar tersenyum,, :))

Review dari sudut pandang saya :
     Saya tidak menyangka se-eksis itukah Indonesia di mata dunia maya?? Pengguna FB nomer 2 di dunia, dan pengguna twitter ter aktif nomer 3 di Asia. woowww,, Sangat mencengangkan apalagi sadar kalau saya ikut andil di dalamnya. 2 buah akun FB, 1 buah akun Twitter, 2 Buah akun Email, serta 3 Buah Blog yang aku kelola. *maruk ya? bukan,, hanya sekedar memilah"akun mana berada di tempat yang mana*. 
     Dan dari semua akun tersebut, apakah saya merasakan manfaatnya? atau apa orang lain merasakan manfaatnya? Tidak,, tidak ada yang tertolong karena membaca apa yang saya tulis. Saya merasa sangat malu, labil, serta lebih ga jelas lagi daripada sekedar random. Keaktifan yang selama ini saya lakukan, apa sudah berguna untuk orang lain? TIDAK,, tidak sama sekali.
     Dari film tersebut saya mengetahui, bahkan tukang becak saja,, yang kerjaannya narik becak, udah bisa menerapkan FB untuk pekerjaannya. Sedangkan saya? Guru Multimedia,, apa yang sudah saya perbuat? Tidak ada,, Bergunakah? Bermanfaatkah? Jawabannya tetap tidak,,
      Dari sebuah jejaring sosial, hingga dapat membebaskan Prita dari segala tuntutan, serta membuat semua orang Indonesia berpartisipasi dalam kepedulian terhadapnya,, bukankah itu hal yang luar biasa?? lalu saya? Hanya melakukan hal biasa, membagikan data pribadi ke seluruh umat di dunia. Bukankah jika dua hal tersebut dibandingkan, terasa bagai langit dan bumi??
     Kemudian, saya merasa sangat malu, lalu untuk apa selama ini saya terkoneksi dengan internet selama 24 jam,, *yup, 24 jam* namun tidak bisa menghasilkan satu apapun, yang berguna untuk orang lain. *jelas-jelas kalau untuk diri sendiri, sang internet mah udah kaya dewa aja,, tau segalanya.* Mungkin sudah saatnya mata ini terbuka, mungkin sudah saatnya hati ini tersentuh, mungkin sudah saatnya tangan ini mengetik hal yang bermanfaat. Menerapkan internet sehat dalam keseharian, mengoptimalisasikan penggunaannya untuk hal yang bermanfaat dalam kalangan luas, sepertinya ini sudah menjadi waktunya. Baiklah, "THINK BEFORE POSTING" akan menjadi jargon baru dalam kepala saya. Biarlah otak ini berkembang dengan sendirinya, hingga suatu saat apa yang saya tulis menjadi berguna untuk orang banyak. amin. :)

Bonus:
Galeri Foto Acara
Sumber : www.smkti.net 
              dtepian.blogspot.com

Suasana Nobar Linimas(s)a

Mr. @timpakul dan mr. @adriyanto ngbawain door price
 
This is Mrs. Rita, our guest from Holland

yak ada yg serius banget liatin hadiahnya,, :p

Mr. @adriyanto :) my headmaster

Murid" SMKTI Airlangga

@Nana_Azul, salah satu blogger dari malang,, :)

And, this is me,, wining the Norton,, yihaaa !

NB : Shame on me,, yang belakangan bener-bener ga ada mood sama sekali buat update nih blog. Mudah"an itu bukan penyakit berkepanjangan. Tapi, ku rasa semua pada pernah kena penyakit kaya gitu, tiba-tiba dalam beberapa hari ga punya ide sama sekali, ga punya bahan apapun yang bsa diceritain panjang lebar. Bismillah,, kedepannya ga boleh miskin ide lagi,, semangat,, semangat !!